Berita / Komputer
 
Driver Booster 4.2, Solusi Mudah Update Driver PC dan Laptop
Rabu, 01 Maret 2017, 17:31:56 Clicks: 1472 Send to a friend Print Version
Bekas jadi duit, kata OLX. Walhasil, barang bekas kini bertaburan dan banyak berpindah tangan. Termasuk komputer: PC dan Laptop. Tapi fenomena 'bekas jadi duit' itu tentu belum seberapa. Sebelum era OLX dan iklann baris online, atau tepatnya pasca-krismon akhir 1990-an, negeri ini sudah lebih dulu dibanjiri PC bekas import dalam jumlah besar. PC refurbish. Sampai sekarang banjir PC refurbish ini masih terus berlangsung. Dan tak lagi cuma impor, PC refurbish ex-kantor atau perusahaan lokal yang makmur pun sekarang mudah ditemui.

Banjir komputer bekas itu tentu tak lepas dari tingginya minat konsumen. Soal alasan mengapa memilih PC atau laptop bekas, tentu setiap orang punya alasan tersendiri. Mungkin karena lebih baik mengeluarkan rupiah yang sama untuk membeli PC bekas berprosesor i5 atau i7 ketimbang dimubazirkan untuk membeli komputer baru yang hanya berotak Celeron. Apapun alasannya, yang pasti fenomena komputer bekas tak lepas dari tersedianya ''infrastruktur pendukung'' yang oke. Salah satunya adalah ketersediaan driver bagi jeroan PC atau laptop bekas.

Kalau saat membeli komputer bekas kebetulan mendapatkan sekaligus CD berisi drivernya, Anda beruntung. Tapi kalau pun dapat CD-nya, apakah driver-nya up-to-date? Tak masalah. ''Googling'' sebentar juga pasti ketemu drivernya. Dalam hati mungkin Anda bilang begitu. Masalahnya, ada ribuan website yang menyediakan dan menawarkan download driver. Repotnya lagi, banyak yang meminta registrasi terlebih dahulu sebelum download. Belum lagi driver yang anda download ternyata sudah disusupi malware, adware, atau bahkan virus. Singkat kata, banyak penyedia download yang tak bisa dipercaya.

Untunglah ada Driver Booster 4.2, sofware gratisan (freeware) pendeteksi driver yang dibutuhkan komputer, dan sekaligus menjadi penyedia file drivernya. Enaknya lagi, Driver Booster 4.2 ini merupakan software buatan Iobit, pengembang software top dan terpercaya, yang biasa dikenal dengan software tools bernama Advanced SystemCare. Software terakhir ini, yang sudah menginjak ke versi 10.2, biasanya dipakai untuk meng-clean-up dan mem-boost kinerja PC dan laptop. Dan Driver Booster 4.2 boleh dibilang menjadi salah satu komponen dari Advanced System Care. Tapi sebagaimana komponen lainnya, Driver Booster 4.2 bisa di-download dan diinstall secara terpisah.

Driver Booster 4.2 mengaku punya database lebih dari 400.000 komponen pca dan laptop, berikut drivernya. Ketika pertama kali dijalankan, Driver Booster akan meminta Anda untuk men-scan komputer Anda. Proses scan-nya berjalan cepat, kalau speed processor PC atau laptop Anda terhitung oke: 1.6 GHz ke atas. Satu sampai 5 menit juga selesai proses scan-nya. Kalau speed komputer Anda dibawah 1.6 GHz, silakan bersabar: proses scan bisa setengah sampai satu jam.

Selesai scan, Driver Booster 4.2 akan menampilkan layar berisi daftar jeroan komputer Anda beserta info drivernya: ada driver, tak ada driver, atau ada drivernya tapi sudah basi. Selanjutnya, tinggal Anda pilih: mau mengupdate semua dirver sekaligus, atau satu per satu. Kalau punya koneksi internet cepat, dan juga processor kecepatan tinggi, update sekaligus layak jadi pilihan. Kalau koneksi internet terbatas, dan processor agak lemot, mungkin lebih baik update satu per satu.

Driver Booster akan otomatis mendownload dan mengupdate driver yang dibutuhkan. Menurut info produknya, bermodal rumus dan algoritma yang dimilikinya, Driver Booster hanya mendownload file-file driver benar-benar yang dibutuhkan saja. Tak ada file remeh-temeh yang tak perlu. Setelah di download, file-file itu otomatis akan diinstall. Anda terima beres. Tak ada file yang perlu diinstal secara manual. Sayangnya ini juga berarti Anda juga tak bisa mensave sendiri driver yang telah didownload.

Setelah driver terupdate, silakan buktikan sendiri apakah komponen PC atau laptop Anda sudah bekerja dengan benar atau sesuai harapan. Kalau tidak, Anda bisa menguninstall driver baru tadi sesuka Anda. Pada daftar driver hasil scan tadi tersedia menu untuk meng-uninstall atau merestore ke driver sebelumnya.

So, silakan coba Driver Booster 4.2. Atau kalau ingin lebih sip, download saja lebih dulu Advanced SystemCare 10.2 untuk memberesi berbagai aspek komputer Anda. Advanced SystemCare ini bagai kapal induk bagi semua software buatan Iobit, dan darinya bisa didownload otomatis berbagai software buatannya, termasuk Driver Booster 4.2. Apapun softwarenya, ada versi freeware dan versi pro.

Driver Booster 4.2 (16,8 MB) - http://www.iobit.com/en/driver-booster.php
Advanced SystemCare 10.2 (40.9 MB) - http://www.iobit.com/en/advancedsystemcarefree.php
 
More Komputer News
. Android Akhirnya Benar-benar Tumbangkan Windows

Pesan Hotel Murah
Cari hotel di mana pun. Yang termahal sampai yang termurah.

Tiket Pesawat Murah
Terbang ke mana saja. Dapatkan tiket termurah di tanggal berangkat yang Anda mau.

Berita Hot