Berita / Komputer

Cara Membasmi Chrome Search Club

Jumat, 26 Januari 2018 04:32:57
489 klik
Oleh : cemplung
Kirim ke teman   Versi Cetak

Browsing sana-sini, download ini-itu, meski sudah hati-hati, terkadang ada juga malware yang hinggap di browser dan komputer kita. Chrome Search Club adalah salah satunya. Malware yang satu ini tanpa permisi mengganti default search engine di browser Google Chrome dengan google custom search milik Chrome Search Club. Meski aksi malware ini sudah berlangsung lama, Google sebagai pembuat browser Google Chrome kelihatanya cuek saja, atau mungkin tak sanggup membasmi Chrome Search Club. Tools bersih-bersih yang disediakan Google pun, Chrome Cleanup Tool, masih belum bisa mendeteksinya.

Dengan kehadiran Chrome Search Club, setiap kali Anda melakukan search lewat url bar ataupun search form di browser, search result akan ditampilkan pada halaman custom search milik Chrome Search Club. Normalnya, hal ini bisa diatasi dengan mengganti default search engine lewat menu option di Chrome. Tapi karena browser sudah dibajak oleh Chrome Search Club, opsi mengubah default search engine sudah dimatikan oleh sang pembajak.

Lantas, bagaimana cara menghapus, mendelete, atau membasmi malware Chrome Search Club? Kalau mau googling, pasti banyak yang menawarkan solusinya. Masalahnya, search result yang sering muncul adalah solusi dari para pembuat software --atau affiliatenya-- yang mengail di air keruh dengan memanfaatkan keyword Chrome Search Club. Aneka solusi itu menawarkan download aneka software untuk membasmi Chrome Search Club. Bagus softwarenya? Kebanyakan pepesan kosong. So, apa cara efektif membasmi Chrome Search Club?

Cara membasmi Chrome Search Club ternyata gampang saja. Ada solusi jitu dan simpel yang tersaji di Forum Google Chrome Help. Salah satu aktivis di forum itu menawarkan untuk mendownload dan menggunakan file ''delete_chrome_policies.bat ''. File berekstensi bat ini, yang ukurannya hanya 1kb, berisi sederet perintah DOS untuk mendelete dan mengupdate ''Group Policy'' --buatan sang pembajak-- yang ada di Window 8 dan Windows 10. Isi file ini, yang berupa text biasa, bisa dibaca lewat Notepad. Ampuh?

File ''delete_chrome_policies.bat'' ternyata ampuh. File ini bisa mengembalikan fungsi memilih default search engine di Google Chrome, plus memungkinkan kita menghapus Chrome Search Club dari deretan search engine yang tersedia di Google Chrome. Jadi, silakan download delete_chrome_policies.bat. Setelah download, lewat Windows Explorer, langsung jalankan file itu (double click). Atau agar lebih sip, jalankan ''As Administrator'' (klik kanan, lalu 'Run as Administrator'). Tak pakai lama, instant, proses membasmi Chrome Search Club sudah selesai. Hasilnya bisa dicek langsung di menu untuk menyetel default search engine di Chrome.

Persoalan sudah selesai? Kemungkinan besar belum. Chrome Search Club biasanya tidak datang sendirian. Malware ini biasanya datang bersama malware lainnya. Yang sering datang bersamanya adalah systemprocess.exe. Dari namanya bisa ditebak kalau malware ini ingin menyamar sebagai file resmi sistem operasi Windows. Software ini biasa terdetek oleh software anti-virus sebagai 'Bitcoin Miner alias pencuri Bitcoin yang tersimpan di komputer Anda. Gampang membasmi atau mendelete-nya? Gampang. Kalau Anda memakai antivirus, kemungkinan besar ''systemprocess.exe'' ini sudah terdeteksi dan langsung bisa dihapus oleh antivirus. Hanya saja, terkadang antivirus hanya menghapus atau menonaktifkannya dari registry Windows, tapi membiarkan sang file. Dengan kata lain, file ini harus dihapus secara manual.

Menghapus ''systemprocess.exe'' tidak sulit. File ini tidak pakai proteksi. Pada Win8 dan Win10, file ini tersimpan di folder Users/username/AppData. Di dalam folder AppData, biasanya terdapat subfolder Local, LocalLow, dan Roaming. Coba lihat masing-masing folder itu dan temukan sub-folder ''systemprocess'', yang jadi tempat menyimpan file systemprocess.exe. Kalau ada, delete saja folder ''systemprocess'', yang berarti mendelete pula file ''systemprocess.exe''.

***

Link: www.google.com/chrome/cleanup-tool/


Berita Komputer Lainnya